LeaderBoard

Inilah deretan 10 User dengan Nilai tertinggi

Memuat berita, informasi juga tops dan trik seputar kesehatan juga kebersihan untuk para ibu bercahaya

Apakah Anda Ibu Bercahaya bulan ini ?

cari tahu selengkapnya disini

Tips & Trik

lihat selengkapnya

Gaya Hidup Yang Lebih Sehat dan Higienis

lihat selengkapnya

Meningkatkan Taraf Hidup

lihat selengkapnya

Pemahaman Penggunaan Air Dengan Optimal

lihat selengkapnya

Tata Olah Barang Bekas

lihat selengkapnya
02 Jul 2013

Hemat Air, Hemat Uang, Hemat Energi

Lagi-lagi kita bicara soal air. Membahas masalah air memang seperti tak ada habisnya ya, Bu? Seperti cerita yang pernah dialami oleh Ibu Meita berikut ini.

Ibu Meita pernah berbagi kepada kami mengenai kesulitannya mendapatkan air bersih di musim kemarau tahun lalu. Selama hampir tiga minggu pompa air di rumahnya tidak bisa menyedot air karena sumurnya kering. Karena itu ia terpaksa membeli air galon isi ulang untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti mandi, masak, cuci piring, dan membersihkan rumah. Pakaian sekeluarga pun terpaksa dikirim ke tempat laundry demi menghemat air. Alhasil pengeluaran Ibu Meita jadi membengkak saat itu.

Apakah Ibu-ibu pernah mengalami masalah yang sama dengan Ibu Meita? Jika iya, Ibu tidak sendiri. Dan oleh sebab itu, Ibu Bercahaya mencoba membantu Ibu-ibu dengan beberapa tips untuk menghemat penggunaan air selagi masih ada, seperti berikut ini:

  1. Gunakan keran air yang aliran airnya lambat. Ini akan membantu mengurangi pemakaian air.
  2. Selalu cek saluran air di rumah Ibu secara rutin. Segera perbaiki pipa atau sambungan atau keran yang bocor agar air tidak terbuang sia-sia.
  3. Terapkan kebiasaan hemat air dengan seluruh anggota keluarga, seperti mandi 4 menit dengan shower dan menyiram kloset hanya dengan satu kali siram.
  4. Menyiram tanaman di malam hari agar air tidak cepat menguap dan tanaman tidak cepat kering.
  5. Mencuci mobil dengan ember dan spons, tidak dengan selang air yang airnya mengucur terus-menerus.
  6. Buatlah drum/tong tadah hujan untuk menampung air saat musim hujan.
  7. Buatlah sumur resapan atau lubang biopori di halaman rumah untuk menyimpan cadangan air.

Untuk menghemat air, menghemat uang, sekaligus menghemat energi, mungkin Ibu-ibu bisa mempertimbangkan penggunaan alat pemurnian air seperti Pureit sebagai solusi untuk air minum sekeluarga.

Alat pemurnian air seperti ini sangat praktis dan hemat biaya. Harganya pun relatif tidak terlalu mahal. Apalagi kalau dibandingkan dengan harga air minum dalam galon merek ternama yang sudah relatif mahal. Bahkan masih lebih hemat dibandingkan dengan air isi ulang dan biaya untuk memasak air.

Dengan menggunakan alat pemurnian air seperti Pure it, air dari PAM atau dari sumur bisa langsung diminum tanpa dimasak. Ibu juga tidak perlu khawatir dengan kualitas airnya karena alat ini sudah terbukti ampuh membunuh bakteri, menghilangkan kandungan logam berat, dan menghilangkan bau pada air. Jadi, sangat aman untuk kesehatan dan hemat juga!

Banyak cara untuk melestarikan dan menghemat air di sekitar kita. Kalau Ibu punya tips lain yang menarik untuk menghemat air di rumah, jangan ragu untuk bagikan kepada Ibu Bercahaya. Yuk sebarkan semangat hemat air mulai dari sekarang, mulai dari rumah kita!

Pengirim : Ibu bu Tri Rahayu, MALANG

artikel yang bermanfaat

15 Aug 2014

Pengirim : Ibu bu Tri Rahayu, MALANG

info bagus

04 Aug 2014

Pengirim : Ibu bu Tri Rahayu, MALANG

hemat air , saat kondisi seperti ini , harus memang

23 Jul 2014

Pengirim : Ibu ibu ONY WIHARTANTO, MALANG

hemat air hemat uang , setuju banget

22 Jul 2014

Pengirim : Ibu wardatul jannah, pasuruan

ternyata banyak cara agar kita bisa hemat air, memang benar kalo kita bisa menghemat air tagihan PAM pun juga berkurang. terima kasih tipsnya

14 Jul 2014

Pengirim : Ibu vivi, Kendal

terima kasih Ibu Bercahaya

31 Jan 2014

 
<123456>